Apa jadinya kalau sudah di Bangka namun tidak menyeberang ke pulau disebelahnya yaitu Belitung? Yang pasti rugi banget!. Wisata di Belitung sangat bagus bahkan mungkin lebih bagus daripada di Bangka, sehingga sayang sekali bila dilewakan begitu saja. Cara menyeberang dari Bangka ke Belitung ada dua pilihan, yang pertama adalah dengan menggunakan pesawat perintis Sky Aviation 2x sehari dengan waktu tempuh hanya 30 menit saja. Tapi biayanya cukup mahal sekitar 400 ribuan.

Pilihan kedua yang lebih murah yaitu melalui jalur laut dengan kapal cepat jetfoil KM Bahari Ekspress. Kapal ini adanya di pelabuhan Pangkalan Balam. Untuk menuju Pangkalan Balam dari Pangkal Pinang, cukup pakai angkot saja yang warna merah. Biaya angkot 5ribu. KM Bahari Ekspress ini berangkat menuju Tanjung Pandan, Belitung setiap hari jam 2 siang kecuali pada hari selasa. Harga tiket kapal tergantung kelas, VIP, eksekutif atau ekonomi. Harga VIP 200ribu, eksekutif 170ribu, dan ekonomi 140 ribu. Ah saya pilih yang ekonomi saja, hehe..

Walaupun kelas ekonomi, suasana didalam kapal cukup nyaman, kurisnya empuk mirip mirip dengan kapal penyebarangan dari Sorong ke Rajaampat. Kalau bosan didalam, bisa juga duduk-duduk diatas kapal sambil menikmati pemandangan serta angin laut.

Lama perjalanan dari Bangka ke Belitung kurang lebih 4-5 jam. Saat saya sampai di pelabuhan Tanjung Pandan, Belitung, Matahari sudah mulai tenggelam dan suasana mulai gelap. Saat turun dari kapal akan banyak sekali tukang ojek yang menawarkan jasanya.  Tapi kalau mau hemat tidak usah hiraukan si tukang ojek. Jalan saja keluar dari pelabuhan menuju ke penginapan yang tidak jauh dan bisa dijangkau dengan berjalan kaki saja. Tapi kalau capek dan malas jalan sih lebih baik naik ojek.

Didekat pintu gerbang pelabuhan banyak penginapan penginapan murah dengan harga yang tidak terlalu mahal (100ribuan). Salah satunya adalah hotel Mindanau. Walaupun murah tapi tetap nyaman, satu tempat tdr, tv dan ac serta welcome drink.

Sama seperti di Bali dan Toraja, kalau ingin menjelajahi Belitung, lebih baik menggunakan kendaraan sendiri (sewa) motor atau mobil. Karena di Belitung susah sekali transportasi umum. Sewa Mobil atau motor bisa Tanya ke pihak penginapan/hotel. Sewa mobil sekitar 350 ribuan perhari sedangkan sewa motor sekitar 60 ribu perhari.

Sudah siap menjelajah belitong? Ayoooo… eh tapi istirahat dulu…

Foto-Foto


Share On :

Tentang Kami

www.bangkabelitungtourism.com adalah sebuah portal berita pariwisata yang kami persembahkan untuk publik dengan tujuan untuk memberikan informasi pariwisata kepulauan Bangka Belitung secara menyeluruh.

Dengan hadirnya portal berita pariwisata ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif untuk kemajuan pariwisata di kepulauan Bangka Belitung.

Kontak Kami

Jl. Sumedang, Gg. H. Sani No. 173B,

Pangkal Pinang - Sumatera Selatan

Indonesia 33125


P : 085860324168
F : -
E : info@bangkabelitungtourism.com


Ikuti Kami: